berita

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2015

Pagi ini semua warga SMAN 1 Magetan berkumpul di lapangan upacara untuk menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada hari ini 2 mei 2015. Selaku pembina upacara adalah Bapak Drs. H Agus Harianto, M.MPd selaku kepala SMAN 1 Magetan. Dalam kesempatan tersebut pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan. Dalam sambutan tersebut salah satunya menyebutkan bahwa sekolah merupakan “taman” bagi para siswa, taman merupakan tempat belajar yang menyenangkan. Sekolah menyenangkan memiliki berbagai karakter, diantaranya adalah sekolah yang melibatkan semua komponennya, baik guru, orang tua, siswa dalam proses belajarnya, sekolah yang pembelajarannya relevan dengan kehidupan sekolah yang pembelajarannya memiliki ragam pilihan dan tantangan, dimana individu diberikan pilihan dan tantangan sesuai dengan tingkatannya, sekolah yang pembelajarannya memberikan makna jangka panjang bagi peserta didiknya.

Tema hardiknas tahun ini adalah ‘Pendidikan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’. Kata kunci dari tema tersebut adalah “Gerakan”. Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat. Kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa: masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi. Berbeda dengan sekadar “program” yang perasaan memiliki atas kegiatan hanya terbatas pada para pelaksana program, sebuah “gerakan” justru ingin menumbuhkan rasa memiliki pada semua kalangan. Mari kita ajak semua pihak untuk merasa peduli, untuk merasa memiliki atas problematika pendidikan agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan problematika itu.

Selain mengadakan upacara bendera juga diadakan serangkaian lomba. Yaitu lomba kreasi memasak untuk siswa laki-laki yang di adakan di depan kelas dan menghias tumpeng untuk siswa wanita di aula sekolah.

Dharma wanita SMAN 1 Magetan juga mengadakan lomba merangkai bunga segar yang diikuti oleh seluruh guru-guru SMAN 1 Magetan.

smasameta
the authorsmasameta
Think Big, Start Small, Act Now

Tinggalkan Balasan